Jangan sampai ketinggalan Promo menarik Dibulan Maret. Dan dapatkan diskon terbaik dari kami.
Beranda » Berita Otomotif » 8 Tips Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil Tanpa Harus ke Bengkel

8 Tips Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil Tanpa Harus ke Bengkel

Dipublish pada 15 Maret 2023 | Dilihat sebanyak 696 kali | Kategori: Berita Otomotif

8 Tips Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil Tanpa Harus ke Bengkel

wulingpurwokerto.com – Pergantian antara panas dan hujan akhir-akhir ini tidak dapat diprediksi; pagi panas, siang hujan dan sore panas sebelum sore kembali. Meski panas terik, hujan masih turun cukup deras. Tentunya hal ini juga dapat mempengaruhi kondisi kendaraan, termasuk munculnya jamur pada kaca depan akibat tetesan air hujan yang cepat kering sebelum sempat dibersihkan.

Kaca merupakan komponen penting karena mempengaruhi jarak pandang saat berkendara. Jika kotoran atau bahkan jamur menempel di kaca, itu akan sangat mempengaruhi kenyamanan berkendara Anda. Di bawah ini adalah penjelasan dari artikel Autotipps selanjutnya tentang berbagai cara menghilangkan jamur kaca mobil dengan baik dan efektif.

Penyebab kaca mobil berjamur

Menghilangkan Jamur Kaca Mobil
Berikut beberapa penyebab kaca mobil berjamur. Penyebab yang dimaksud adalah sisa air hujan yang masih menempel di kaca mobil, pengeringan mobil yang kurang setelah dicuci dan kualitas air yang buruk.

Sisa air hujan masih menempel di kaca

Bagaimanapun, setelah hujan reda, masih ada air hujan yang menempel di kaca mobil. Jika tidak segera dibersihkan, noda bekas air hujan akan sulit dibersihkan, apalagi jika sudah dijemur di bawah sinar matahari. Sisa air hujan yang mengering di bawah sinar matahari dapat menyebabkan kaca depan berjamur.

Mengeringkan mobil setelah dicuci tidak sempurna

Kaca mobil yang berjamur bisa disebabkan oleh proses pengeringan mobil yang tidak sempurna setelah pencucian mobil. Pada umumnya setelah mencuci mobil, pengeringan dilakukan dengan kain. Namun, bila proses ini tidak maksimal, maka akan menyisakan sisa air di bagian tertentu seperti kaca mobil.

Kualitas air yang buruk

Jika kualitas air buruk, jamur dapat terbentuk di kaca depan. Air dengan kandungan kalsium yang cukup tinggi dapat menimbulkan jamur pada kaca mobil. Garam atau air laut juga bisa menyebabkan kaca depan berjamur.

Sifat kaca mobil berjamur

Melihat bekas kaca mobil berjamur sangatlah mudah. Jika Anda perhatikan dengan seksama, kaca depan yang berjamur menunjukkan bintik-bintik putih. Munculnya bintik-bintik putih yang mengeras ini adalah jamur di kaca depan. Bintik-bintik ini terlihat di tepi kaca depan. Bagian luar menjadi sangat terinfestasi, karena air seringkali membutuhkan waktu lama untuk mengendap di area tersebut dan kemudian mengering. Jika kondisi ini tidak diaktifkan, jamur kaca mobil dapat dengan mudah berkembang.

Cara menghilangkan jamur kaca mobil secara mandiri

Di bawah ini adalah panduan cara menghilangkan jamur pada kaca mobil sendiri tanpa harus membawanya ke bengkel. Cara-cara tersebut dimulai dengan membersihkan kaca setelah terkena air hujan, menggunakan mildew cleaner pada kaca mobil, menggunakan soda, menggunakan pasta gigi, menggunakan pemutih, menggunakan alkohol, mengoleskan cuka sari apel, menggunakan air tembakau dan menggunakan baking. soda.

Menggunakan soda kue

Bubuk kristal putih, juga dikenal sebagai soda kue, adalah penghilang jamur yang efektif untuk kaca mobil. Metode menghilangkan jamur menggunakan bahan ini tidak beracun dan tidak akan membahayakan orang. Bahan ini tidak hanya menghilangkan jamur secara efektif tetapi juga menyerap sisa kelembapan, yang mendorong pertumbuhan jamur. Campuran sederhana soda kue dan air membentuk larutan pembersih yang kuat yang dapat disemprotkan dan mudah dihilangkan. Ini adalah salah satu solusi pembersihan paling umum dan ekonomis untuk jamur pada kaca mobil.

Bersihkan setelah terkena hujan

Paling mudah untuk membersihkan kaca segera setelah hujan, karena tetesan air hujan yang menempel di kaca dapat membentuk kaca. Kain pembersihnya juga bisa bermacam-macam, setelah menggunakan kain kanebo bisa dibersihkan kembali dengan kain microfiber. Jangan lupa juga untuk memeriksa karet pada bilah wiper, karena hal ini mempengaruhi kebersihan kaca. Jika lembaran karet tidak dapat dibersihkan seluruhnya, segera ganti.

Baca Juga   Wuling New Confero 2023

Gunakan pembersih jamur kaca mobil khusus

Namun, jika jamur membandel pada kaca, tentunya harus dibersihkan dengan cara yang tepat sasaran. Jika ingin membersihkannya sendiri tanpa harus ke showroom mobil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Antara lain, bahan dan kompon yang digunakan tidak membuat kaca depan konon bebas jamur, melainkan lecet karena penggunaan bahan yang tidak tepat dan penekanan pada pembersihan yang terlalu keras.
Ada beberapa merk pembersih atau penghilang jamur di pasaran yang digunakan untuk membersihkan dan mencegah jamur pada kaca mobil. Glass Scrub dapat digunakan jika sudah terlihat jamur pada kaca, kemudian dapat dilapisi dengan Rain Clear agar tetap bersih dan berfungsi sebagai pencegahan.

Yang terpenting tentu saja kaca depan, meski jendela samping dan belakang tidak kebal terhadap serangan jamur. Lapisi kaca secara rutin dengan antijamur agar kaca tetap bersih tanpa mengganggu saat berkendara. Kaca yang dilapisi Rain Clear biasanya bertahan antara 3 dan 4 bulan tergantung pada kondisi dan cuaca.

Menggunakan soda pop

Jika Anda tidak dapat menemukan obat jamur kaca mobil, minum soda juga terbukti efektif untuk menghilangkan jamur kaca mobil Anda. Caranya, bersihkan kaca mobil dengan lap kering. Selanjutnya, basahi kain lembut atau pasta gigi dengan air soda, lalu gosok perlahan pada kaca depan yang banyak jamurnya.

Lakukan ini sampai cetakan di kaca depan Anda hilang. Harus diingat jangan mencampur air soda dengan air biasa ya, karena bisa mengurangi kandungan soda yang bisa menghilangkan jamur.

Cara menghilangkan jamur kaca mobil dengan pasta gigi

Menghilangkan Jamur Kaca Mobil
Anda bisa menghilangkan jamur pada kaca mobil dengan mengoleskan odol atau odol.

Mengatasi jamur pada kaca mobil dengan pasta gigi merupakan cara yang mudah dan efisien.

Pengguna harus memastikan pasta gigi yang digunakan berwarna putih dan tidak berbentuk gel.

Penggunaannya sangat sederhana, yaitu:

  • Cukup oleskan pasta gigi ke bagian kaca yang terkena, diamkan selama lima menit.
  • Kemudian bersihkan dengan kain mikrofiber.
  • Ulangi proses tersebut jika terdapat jamur pada bagian kaca yang lain, lalu bilas dengan air bersih.
  • Ingatlah bahwa cara ini hanya efektif untuk jamur pada kaca berwarna terang.

 

Jika jamur pada kaca lebih kuat, maka disarankan menggunakan obat khusus yang tersedia di pasaran.

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan pasta gigi sebagai solusi sementara, dan tetap disarankan untuk menggunakan obat khusus pembersih kaca mobil.
Oh iya, kamu harus berhati-hati saat mengoleskan pasta gigi untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil karena bisa menimbulkan pelangi dan kusam. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda perlu menggosok dengan lembut saat mengoleskan pasta gigi.
gunakan pemutih
Tidak hanya noda pada pakaian, pemutih pakaian atau bayclin yang ada di rumah Anda juga bisa digunakan sebagai pembasmi jamur kaca mobil Anda. Lakukan dengan terlebih dahulu membasahi kain lembut dengan pemutih secukupnya.

Lalu gosok perlahan kain tersebut ke bagian kaca depan yang berbentuk jamur hingga bersih. Ingatlah untuk menggunakan kain lembut agar tidak menggores kaca depan saat Anda menggosoknya.

Gunakan alkohol

Menghilangkan Jamur Kaca Mobil
Anda juga dapat menggunakan alkohol untuk menghilangkan jamur kaca mobil Anda. Bagaimana? Ini sangat sederhana, Anda bisa menggunakan kapas yang dicelupkan ke dalam alkohol lebih dari 60%. Kemudian gosok perlahan ke bagian toples yang terkena jamur.
Penggunaan cuka sari apel
Selanjutnya, gunakan cuka sari apel. Caranya, campurkan 3 sendok makan cuka sari apel dengan 1 liter air. Setelah itu, celupkan kain lembut ke dalam campuran tersebut. Selanjutnya, gosokkan kain tersebut ke bagian yang terkena jamur hingga benar-benar hilang.

Baca Juga   Kelebihan dan Kelemahan Wuling Cortez 2023: Apa yang Harus Anda Ketahui ?

Selain itu, setelah jamur hilang, segera keringkan dengan koran. Anda akan melihat bahwa jamur tidak lagi menempel di kaca depan.

Gunakan air tembakau

Terakhir, gunakan air tembakau. Ada beberapa langkah yang perlu Anda ambil dengan air.

Pertama, rendam tembakau kering dalam air bersih selama 15 menit. Sebelum menggosok kaca depan, bersihkan bagian kaca depan yang terkena jamur dengan air dingin. Nah, setelah kering, segera siram jamur di kaca depan dengan air yang sudah dibasahi tembakau.

Anda bisa mencoba menyiramnya beberapa kali hingga jamur benar-benar hilang. Setelah terlihat hilang, bilas kembali dengan air bersih dan lap hingga kering.
Pertanyaan yang sering diajukan tentang menghilangkan jamur kaca mobil
Di bawah ini adalah pertanyaan yang sering diajukan seputar menghilangkan jamur pada kaca mobil, mulai dari membersihkan kaca mobil yang berminyak hingga membersihkan kaca mobil yang tergores.

Cara membersihkan kaca mobil yang berminyak

Kaca mobil yang kotor terkena oli tentunya akan sangat mengganggu pengendara. Lapisan oli ini bisa muncul pada kaca akibat polusi udara di lingkungan tempat mobil digunakan. Anda dapat membersihkannya dengan cukup mudah karena yang harus Anda lakukan hanyalah menggunakan air bersih untuk mencuci kaca mobil yang berminyak.

Anda bisa menggunakan kain lembab untuk menyeka minyak dan setelah kaca terlihat bersih Anda bisa mengeringkannya dan gunakan kain kering untuk membersihkan kaca dari sisa air.

Langkah selanjutnya adalah menyemprotkan cairan wiper atau menggunakan sabun cair yang dicampur dengan air bersih. Kedua cairan ini bisa Anda gunakan untuk membersihkan kaca mobil dari oli dengan kain atau lap hingga kaca benar-benar bersih.

Jika Anda telah membersihkan kaca depan dengan cairan pembersih, Anda harus menunggu 15 menit agar cairan tersebut bereaksi. Bila sudah cukup, Anda bisa membilas kaca depan dengan air bersih yang mengalir agar kaca depan bebas dari minyak.

Cara terakhir adalah menghilangkan sisa air dengan lap kering agar kaca benar-benar bersih dan tidak ada bekas air kotor. Anda bisa menggunakan kain dengan bahan microfiber agar kaca mobil tidak tergores.

Cara membersihkan kaca mobil dengan baret

Baret di kaca depan pasti akan merusak keindahan mobil. Ini bisa disebabkan oleh power window, penggunaan wiper kaca depan, atau alat pembersih yang tajam. Untuk mengembalikan kondisi kaca depan seperti semula, Anda bisa melakukan hal berikut.

Jika goresan pada kaca depan cukup dalam, mobil perlu diservis karena perlu dibersihkan oleh tenaga profesional. Namun, jika goresannya tipis, Anda bisa menggunakan beberapa cara ini.

Tak hanya jamur, pasta gigi juga bisa menghilangkan goresan pada kaca mobil. Anda hanya perlu mengambil sedikit pasta gigi untuk menghilangkan goresan pada kaca mobil. Ambil sedikit pasta gigi dan oleskan secara merata pada area yang tergores.

Kemudian bersihkan pasta gigi dengan air bersih lalu lap dengan kain bersih. Atau bisa juga menggunakan 15 ml amonia dicampur dengan setengah liter air bersih dan diaduk rata. Ambil kain bersih yang lembut, celupkan ke dalam larutan, dan gosokkan pada kaca yang tergores. Lakukan kegiatan ini dengan hati-hati agar baret tidak bertambah besar.

Keluarga Wuling, kini Anda tahu bahwa ada banyak cara alami untuk menghilangkan jamur wuling kesayangan Anda di kaca mobil. Hubungi segera jika hal ini terjadi dan cari tahu penyebab jamur mobil penyebab kaca mobil berjamur di artikel ini.

Bagikan ke

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Lainnya
wuling airev Wuling Air Ev 2023 - wuling purwokerto

Wuling Air Ev 2023

Dipublish pada 26 Maret 2023 | Dilihat sebanyak 202 kali | Kategori: Berita Otomotif

Table of Contents Perbedaan Wuling Air Ev 2023 dengan Generasi Sebelumnya Kelebihan dan Kekurangan Wuling Air Ev 2023 Fitur-fitur Unggulan Wuling Air Ev 2023 Tips dan Trik Memaksimalkan Performa Wuling Air Ev 2023 “Kemudahan Berkelana, Kebahagiaan Tanpa Batas” Perbedaan Wuling... selengkapnya

Headlamp mobil - wuling purwokerto

Mengapa Headlamp Mobil Penting untuk Keselamatan Anda ?

Dipublish pada 27 Maret 2023 | Dilihat sebanyak 207 kali | Kategori: Berita Otomotif, Tips dan Trik

Table of Contents Bagaimana Headlamp Mobil Membantu Anda Melihat Jalan di Malam Hari Mengapa Headlamp Mobil Penting untuk Keselamatan Anda Bagaimana Cara Memilih Headlamp Mobil yang Tepat Apa yang Harus Anda Ketahui Tentang Headlamp Mobil untuk Meningkatkan Performa Kendaraan Anda... selengkapnya

Sunroof Wuling Cortez yang Sangat Elegan 2023

Sunroof Wuling Cortez yang Sangat Elegan 2023

Dipublish pada 28 Maret 2023 | Dilihat sebanyak 481 kali | Kategori: Berita Otomotif

Table of Contents Mengapa Sunroof Wuling Cortez Sangat Elegan Fitur-fitur Sunroof Wuling Cortez yang Membuatnya Unik Tips Memilih Sunroof Wuling Cortez yang Tepat Kelebihan Sunroof Wuling Cortez dibandingkan Mobil Lain Cara Merawat Sunroof Wuling Cortez agar Tetap Elegan “Keluarkan Gaya... selengkapnya

LEASING SUPPORT

leasing support
Roni
Marketing Executive